March 27, 2009 - Otanjyobi Omedeto Gozaimasu Okasan

Hari ini Mama berulang tahun. 74 tahun tepatnya.

Bagi sebagian besar orang Indonesia, 74 tahun itu artinya sudah di rumah saja, bahkan ada yang sudah sulit beraktifitas.

Tapi Mama bukan orang Indonesia :), Mama orang Jepang, yang memang rata-rata umur hidupnya lebih panjang daripada orang Indonesia.  Beliau dengan umur sebegitu, sampai saat ini masih aktif bekerja dari jam 8 pagi (berangkat jam 5 dari rumah), dan sampai kembali di rumah jam 8 malam, Senin sampai Jumat.

Sabtu-Minggu, dan hari libur lain, biasanya digunakan Mama untuk berkumpul bersama teman-temannya orang-orang Jepang, untuk bermain mahyong dan saling berbagi cerita.  Atau berbelanja di supermarket khusus makanan jepang.

Mama adalah Super Woman, bagiku dan adikku.  Beliau telah menjadi single parent sejak Ayahanda meninggal, kurang lebih 3 tahun setelah menikah.  Hidupnya adalah bekerja, sebelum kami bisa mandiri, ya untuk membesarkan dan menyekolahkan kami berdua, dan saat kami telah mandiri, ya digunakan untuk jalan-jalan atau melakukan kegiatan yang disukainya.

Mama, karakternya perfeksionis, dan sangat disiplin, segala sesuatu harus pada tempatnya dan pada waktunya, kadang kami merasa risih, karena keteraturannya yang luar biasa.  Dan kehebatan beliau lainnya adalah sangat mandiri dan tidak mau merepotkan orang lain.  Bahkan setelah tinggal bersama dengan aku dan keluargapun, beliau mencuci bajunya sendiri.

Untuk “memaksa” Mama tinggal bersama kamipun, suatu perjuangan tersendiri.  Sudah 4 tahun Mama tinggal bersama kami, dan memang akan terus bersama kami, sampai beliau “pulang” kelak. 

Hari ini beliau berulang tahun, sedang sedih sebenarnya hatinya, karena ada sesuatu hal yang terjadi di kantor beliau.

Bagiku, memiliki Mama di rumah, adalah kebanggaan, karena berarti aku memiliki kesempatan sedikitnya untuk memberikan sesuatu kepada beliau, yang pastinya tidak mungkin bisa aku balas segala yang telah Mama berikan kepadaku dan adikku.

Nanti malam……mau kasih suprise ah!! 

Selamat Ulang Tahun ya Ma….. Semoga Mama bisa tabah menerima bahwa sudah waktunya bagi Mama untuk beristirahat, bersantai-santai, menikmati menjadi “tua”…..

We love you.

Comments

Popular posts from this blog

Pendidikan Dasar Wanadri, Mau Bikin Anakku jadi Apa?

Skinhead

beng-beng