Skinhead

Skinhead adalah suatu sub-budaya yang lahir di London, Inggris pada akhir tahun 1960-an.  Sekarang skinhead sudah menyebar ke seluruh belahan bumi.  Nama skinhead merujuk kepada para pengikut budaya ini yang rambutnya dipangkas botak.  Sebelum bermulanya era skinhead, ada golongan remaja yang dipanggil Mods yang menjadi pemula kepada skinheads.

Meskipun Skinhead banyak diasosiasikan dengan kelompok orang-orang rasis dan neo-nazi, namun skinhead yang sebenarnya tidaklah neo-nazi, karena pada awalnya skinhead adalah kamu tertindas dari kelas pekerja (utamanya buruh pelabuhan) di London, Inggris.  Skinhead juga bisa merujuk kepada kelompok orang (biasanya remaja) yang merupakan fans musik Oi!/streetpunk dan juga punk.

Itu kata Wikipedia.

Namun yang lebih ngetrend skinhead lebih dikenal sebagai potongan rambut setengah/seperempat botak.

Awalnya cowok saja yang mulai menggemari model rambut seperti ini, namun berjalan seiringnya perkembangan jaman, para cewek juga mulai menyukai model rambut agak ekstrim ini.

Potongan skinhead bermacam-macam, ada yang rambutnya panjang atau pendek, dan kemudian dibotak sebagian/sebelah, botaknya-pun ada yang diukir, namun ada juga yang dibotak di bagian samping bawah dari kiri ke kanan.

Menurut para pakar gaya rambut, bahwa di tahun 2014 ini, selain gaya rambut beachy hair (bergelombang natural), sleek hair (mengkilap/licin), long bob dan super pendek - pixie hair dengan jambul yang dibuat tipis dibagian samping, potongan skinhead juga akan nge-trend, dengan makin beraninya para wanita berpenampilan chu-x namun tetap cantik.

Nah.... Aisyah, anakku yang duduk di bangku SMA, sudah lama menginginkan potongan rambut skinhead, sejak SMP.  Baru saat menjelang kenaikan kelas 2 pertengahan tahun kemarin akhirnya dia benar-benar "membotaki" sebagian rambutnya.

Itupun minta diantar olehku.  Aku sebagai orang tuanya, mengijinkan saja karena menurutku dia memang waktunya bereksperimen dengan segala gaya, sepanjang tidak beresiko terhadap masa depannya.

Aku antarlah ke Salon Laris Love di Benhil.

Saat sekolah, tentunya hebohlah di sekolahnya, karena saat itu dia masih siswa kelas 1 dan sudah berani "macam-macam".  Tapi Aisyah ya Aisyah, saat dia menginginkan sesuatu, ya dia lakukan, apapun resikonya.  Disebelin kakak kelasnya, diomongin orang-orang, ya chu-x saja.

Karena rambutnya panjang, maka saat digerai sebetulnya tidak terlalu kelihatan, dan sampai beberapa lama berhasil tidak ketahuan guru.

Namun, pada suatu waktu, Aisyah "lupa" dan berlari-lari persis di depan guru BP dan berkibarlah rambutnya sehingga skinheadnya terlihat gurunya.

Kemudian aku sebagai orang tuanya dipanggil ke sekolah, karena dianggap Aisyah tidak mentaati peraturan sekolah dan sang guru BP sempat terheran-heran mendengarkan penjelasan-ku  bahwa Aisyah sudah mendapatkan ijin orang tua/ibu untuk memiliki model rambut seperti itu.

Dan juga kemudian aku jelaskan bahwa sebagai orang tua kita harus memberikan ruang pada anak-anak untuk ber-ekspresi, namun dengan tetap memberikan tanggung jawab, terbukti bahwa Aisyah bukanlah anak yang memiliki record sebagai anak bandel, namun sebaliknya memiliki beberapa prestasi.

Sang guru akhirnya menggunakan senjata pamungkas, bahwa sekolah tetap tidak bisa mengijinkan, karena nanti akan menjadi preseden bagi anak-anak lain, sehingga solusinya skinhead-nya Aisyah "disembunyikan" sampai botaknya tidak terlihat lagi.  Namun di luar sekolah ya terserah, sudah bukan menjadi urusan sekolah.



Agak memprihatinkan memang, saat suatu lingkungan sosial lebih men-apreasiasi anak-anak remajanya "terlihat baik" diluarnya, dan cenderung menutup mata apa yang mereka lakukan di luar sana, ketimbang mendekatkan diri, mendengarkan suara hati mereka, memberikan ruang bagi aktualisasi diri mereka, menerima ke-unik-an mereka, dan membuat mereka lebih bertanggung jawab terhadap apa yang mereka lakukan di saat tidak dalam pengawasan orang tua/guru.

Aku mungkin dianggap orang tua yang eksentrik/aneh (dengan membolehkan gaya rambut skinhead misalnya), namun bagiku jauh lebih baik memiliki anak dengan rambut skinhead dan bertanggung jawab, daripada anak yang penampilannya manis di luar, namun entah apa yang mereka lakukan di luar sana.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pendidikan Dasar Wanadri, Mau Bikin Anakku jadi Apa?

beng-beng