C.I.N.T.A

Dalam bahasa Yunani kuno, ada jenis cinta:
  • Eros - adalah cinta yang didasari oleh gairah seksual. Plato (filsuf and ahli matematika Yunani) mendefinisikan kembali, walaupun Eros adalah perasaan awal kepada seseorang dengan kesadaran kemudian menjadi penghargaan atas keindahan dari seseorang. Plato mengambil argumen Socrates (filsuf Yunani) bahwa Eros membantu jiwa untuk menyadari keindahan dalam pengertian dan kebenaran spiritual, yang kemudian membawa manusia untuk merasakan gairah seksual hingga sampai ke tingkat transenden (di atas kesadaran raga) 
  • Agape - adalah cinta yang berhubungan dengan ketulusan dan kemurahan hati, cinta Tuhan kepada manusia dan cinta manusia kepada Tuhan-nya. Cinta Agape bisa digambarkan dengan cinta orang tua kepada anak-anaknya, cinta kepada pasangan hidup, cinta kepada sesama manusia 
  • Philia - adalah cinta yang berhubungan dengan persahabatan, biasanya karena memiliki persamaan, Aristotle (filsuf dan ilmuwan Yunani) menggambarkan berbagai kesetiaan terhadap persahabatan, keluarga dan komunitas yang meliputi kebaikan, persamaan dan keakraban. Cinta ini digambarkan cinta dalam keluarga, antar teman, keinginan dan kesenangan atas kegiatan bersama, bisa juga antara 2 kekasih 

Menurut kamus, cinta adalah perasaan dan gairah yang kuat dan tetap kepada seseorang yang memiliki hubungan romantis, ketertarikan dan kesukaan yang dalam terhadap sesuatu, ketertarikan yang melibatkan gairah seksual,

Cinta adalah sebuah kata yang memiliki kekuatan, Bila kita jatuh cinta, kita ingin selalu bersama dan ketika kita tidak bersama, kita akan memikirkan untuk bersama karena kita membutuhkan orang tersebut, dan tanpanya hidup kita ada yang kurang rasanya.

Cinta dengan gairah yang tidak bersyarat dengan tanpa batas, hanya mencintai seseorang. Apabila kita mempercayakan hidup kita pada seseorang, maka kita akan melakukan apapun baginya, dan satu sama lain. Bila kita mencintai seseorang, kita tidak menginginkan apapun selain membahagiakannya, apapun yang terjadi, karena besarnya keperdulian dan, karena kebutuhan seseorang itu di atas kebutuhan kita sendiri.

Kita tidak menyembunyikan apapun darinya, dan dapat mengatakan apapun padanya karena kita mengetahui bahwa seseorang tersebut akan menerima kita apa adanya, begitupun sebaliknya.

Cinta adalah ketika seseorang tersebut yang kita pikirkan terakhir sebelum kita tidur dan yang kita pikirkan pertama saat kita bangun tidur, perasaan yang menghangatkkan hati kita dan meninggalkan perasaan tenang dan damai.

Cinta melibatkan keinginan untuk menunjukkan rasa kasih sayang dan/atau kesetiaan satu sama lain. Akan ada senyum di wajah kita ketika kita memikirnya dirinya dan kangen padanya.

Cinta dapat membuat kita melakukan apapun, dan berkorban bagi kebaikan pada akhirnya untuknya. Cinta sangat kuat, dan bergairah. Segalanya tampak lebih cemerlang, lebih membahagiakan, dan lebih indah saat kita jatuh cinta.

Cinta bisa membuat kita melakukan hal-hal "gila" di luar akal sehat. Cinta kita padanya meliputi cinta eros, cinta agape dan cinta philia.


Bila kita menemukan cinta seperti itu, jangan lepaskan!

Comments

Popular posts from this blog

Pendidikan Dasar Wanadri, Mau Bikin Anakku jadi Apa?

Skinhead

beng-beng