Bekal Untuk Calon Pengantin #6: L.D.R - Long Distance Relationship

Beberapa waktu yang lalu aku menuliskan serial tentang Bekal Untuk Calon Pengantin:
#1: Runaway Bride - Cocok atay Dicocok-cocok-an
#2: Berani Putus
#3: Pacaran Setia? Atau Menikah Setia?
#4: Ngobrol Yuk!
#5: Pacaran/Nikah sama Sahabat?

Terakhir bulan Januari lalu, silakan di buka-buka tulisan-tulisan-ku sebelumnya bila memang belum membacanya, mungkin ada manfaatnya bagi kalian yang ingin/akan menikah, ataupun yang sudah menikah namun tetap ingin belajar.

Edisi kali ini, mengenai LDR (Long Distance Relationship) atau hubungan jarak jauh memang memiliki tantangan tersendiri. Apalagi di jaman sekarang yang bahkan pernikahanpun, bisa LDR (contohnya diriku sendiri :-))

Setiap dari pribadi, baik wanita ataupun pria yang memiliki kegiatan/aktivitas, dengan berbagai alasan, akan memilih untuk tinggal tidak begitu jauh dari tempat aktivitasnya, bisa kuliah/belajar, ataupun bekerja, mungkin juga usaha. Dan apabila sepasang calon suami/istri yang masih aktif dalam aktivitasnya, mengharuskan untuk tinggal berjauhan dengan sang kekasih, maka kemudian akan menjalani hubungan jarak jauh atau LDR.

Banyak pasangan yang "tidak kuat" menjalani LDR, dan akhirnya "dekat" dengan PIL (Pria Impian Lain) ataupun WIL (Wanita Impian Lain) yang secara fisik lebih dekat, lebih mudah/sering bertemu, dan kemudian memutuskan untuk mengakhiri hubungan dengan kekasih yang jauh.

Tidak ada yang salah dengan memilih kekasih baru yang lebih baik, ataupun lebih yang lain, karena hubungan sebelum pernikahan belum ada ikatan apapun, namun harus dijalankan dengan benar, yaitu apabila sudah merasa lebih cocok dengan yang baru, jangan menjalin hubungan baru SEBELUM memutuskan hubungan yang lama.  Apabila menjalani hubungan baru dalam status masih menjalin hubungan dengan orang lain, namanya selingkuh, namanya berkhianat, dan itu adalah perbuatan tidak terpuji.

Yang ingin dibahas dalam tulisan ini adalah bagaimana agar LDR bisa awet. Tentunya tidak ada jaminan 100% bahwa dengan menjalani saran-saran sesuai pengalaman dan pengamatan aku akan dijamin LDR nya lancar...... tidak ada yang bisa memastikan apapun di masa depan. Tetapi, paling tidak kalian bisa mengidentifikasi, apakah kalian sudah cukup kuat untuk menjalani LDR?

Apa sih hal-hal/nilai-nilai penting dijalankan dalam menjalankan LDR?

  • Komitmen - artinya adalah "perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu atau kewajiban yang membatasi kebebasan bertindak". Ini penting sekali (bukan hanya dalam LDR), bahwa pada saat kalian membuat janji untuk setia, untuk tidak melakukan hal-hal yang akan merusak hubungan, maka ini seyogyanya dilakukan dengan sungguh-sungguh
  • Integritas - artinya adalah "melakukan tindakan yang benar tanpa pengawasan".  Ini juga penting, karena apabila kalian memiliki sikap yang ber-integritas, kalian akan senantiasa melakukan apapun yang benar (yang berhubungan dengan hubungan kalian dengan kekasih LDR)
  • Percaya - Ini juga tidak kalah pentingnya, karena tanpa kepercayaan, maka akan sulit menjalin hubungan baik dekat maupun jauh, apalagi LDR, karena kalian tidak mungkin bisa memiliki cctv 24 jam atas kegiatan-kegiatan yang dilakukan kekasih, dan bukan hanya kekasih, pasangan suami/istripun tidak mungkin bisa mengetahui 24 jam 7 hari seminggu secara persis kegiatan pasangannya, oleh karenanya penting kalian mempercayai pasangan/kekasih bahwa apapun yang dilakukannya tidak dimaksudkan untuk merusak kepercayaan dan hubungan yang sedang dijalani
  • Tujuan - dan bukan artinya yang terakhir adalah yang kurang penting, memiliki tujuan bersama akan sangat penting dalam menjalani LDR. LDR yang dilakukan dengan konsep "gimana nanti aja", akan besar kemungkinannya akan putus di tengah jalan, karena akan banyak godaan-godaan yang datang dan pergi, yang kadang tidak disadari kehadirannya. 
Nah, apakah kalian sudah memiliki 4 hal-hal yang disebutkan di atas? Bila belum, maka tanya kembali kepada diri kalian, siapkah kalian menjalani LDR?

Apabila ke-2 pihak sudah memiliki hal-hal di atas, maka, Bismillah.....jalani dengan ikhlas, kuatkan hati dan semoga LDR yang kalian jalani akan lulus dengan baik, sampai kalian bisa bersama lagi.


Comments

Popular posts from this blog

Pendidikan Dasar Wanadri, Mau Bikin Anakku jadi Apa?

Skinhead

beng-beng